Kamis, 17 Juli 2014

ITB Guide for Maba : Perpustakaan

Mumpung camaba ITB 2014 masih semangat-semangatnya abis diterima, mungkin ada baiknya bikin tulisan soal seluk-beluk kampus. Sekalian mengisi blog yang sudah lama terbengkalai ini.

Mari kita mulai dengan perpustakaan.

Bagi camaba yang baru dateng ke kampus Ganesha, harus tahu letak bangunan yang satu ini atau paling gak bentuknya. Buat yang penasaran dengan bentuk bangunannya, ini fotonya :
Courtesy of muhdhito.me

Bentuknya katanya dibuat supaya mirip dengan tumpukan buku walaupun gak terlalu mirip. Kakak tingkat saya pernah bilang kalau perpus pusat itu mirip markas Power Rangers. Tapi zaman dulu penampilan perpus pusat lebih kumuh dari sekarang sampai-sampai dijuluki WC Umum. Sekarang sudah rada keren. Udah mirip kayak perpus di LN lah.

Perpus ini punya waktu buka dari Senin-Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat, perpus buka dari jam 08.00-21.00. Untuk hari Sabtu kalau gak salah dari jam 09.00-14.00. Waktu lain yang perlu diperhatikan itu jam 11.00-13.00 hari Senin-Kamis. Jam segitu karyawan perpus istirahat. Jadi penitipan tas dan peminjaman buku akan tutup jam segitu. Hari Jumat perpus akan tutup pada jam 10.30 menjelang Sholat Jumat.

Langkah pertama buat para maba adalah buat kartu perpus. Ini penting apalagi kalau kalian mau pinjam buku TPB.

Untuk buat kartu perpus yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan KTM/KSM lalu tinggal datangi Mas/Mbak/Bapak/Ibu di bagian sirkulasi lantai 1. Gak tau bagian sirkulasi ? Tanya aja di mana tempat minjam buku pasti ditunjukin ke tempat sirkulasi kok. Selanjutnya tinggal ikutin petunjuk dari petugasnya doang sampe beres. Prosesnya gak terlalu lama kok.

Setelah ini kalian sudah bisa meminjam buku !

Untuk meminjam buku, kalian tinggal ambil buku dari rak lalu bawa buku ke bagian sirkulasi--tempat kalian buat kartu perpus. Jangan lupa bawa kartu perpus dan KTM untuk meminjam. Kalau gak, petugas sirkulasi bakal menolak. Maksimal kalian bisa pinjam 10 buku.

Untuk batas waktu, ada perbedaan. Untuk koleksi buku TPB batas waktunya 1 minggu. Kalau untuk koleksi mingguan batas waktunya 2 minggu. Setelah itu peminjaman bisa diperpanjang atau bukunya bisa dikembalikan. Kalau telat kalian kena denda Rp.1000/hari minus hari libur. Walaupun kadang-kadang (atau sering ?) ada yang bandel juga dengan alasan tertentu (alasannya apa ? Ah entar juga tau hehehe).

Protips dan Trivia :


  • Salah satu trik yang dilakukan anak ITB untuk dapat buku gratis. Triknya : pinjam buku seperti biasa lalu ketika masa berlakunya habis perpanjang lagi masa berlaku di sirkulasi. Begitu seterusnya. Dengan cara ini, buku tadi bisa dipinjam sampe satu semester. Kalau kalian liat buku dengan tanggal pengembalian yang teratur dan berturut-turut, nah itu karena trik yang satu ini. Tapi ya jangan kebangetan juga minjemnya, kasih yang lain kesempatan buat minjem juga. Ok adik-adik ?
  • Buku-buku untuk belajar Mafiki (catat judulnya !). Matematika : Calculus, Purcell. Fisika : Fundamentals of Physics, Halliday. Kimia : Chemistry, Brady; Buku kimia karangan Hiskia Ahmad.
  • Pinjam buku jauh-jauh hari sebelum ujian. Biasanya kalau udah deket-deket ujian buku favorit udah pada ilang dari rak. Buku-buku yang duluan ilang biasanya buku yang berbahasa Indonesia. Jadi kalau telat minjem, terpaksa harus pake buku yang bahasa Inggris.
Sekian info soal perpus. Sisanya kalian eksplor sendiri. Kalau ada yang tidak tercantum di sini mungkin bisa dibilang supaya ditambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar